ASSESSMENT LAPANGAN REAKREDITASI PRODI ILMU HUKUM UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Seperti diketahui Akreditasi PT merupakan program yang memiliki tujuan antara lain: menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi,  menjamin mutu program studi dan perguruan tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat serta mendorong peningkatan/perbaikan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yakni selaku Badan yang berwenang melakukan akreditasi terhadap performa perguruan tinggi telah melakukan visitasi sebagai wujud terhadap kesatuan penilaian proses akreditasi Prodi Ilmu Hukum Universitsa Proklamasi 45 Yogyakarta pada tanggal 22 Mei 2018. Dalam proses visitasi tersebut, hadir dua asesor BAN PT yaitu Dr. Merry Elisabeth Kalalo, S.H., M.H dan Dr. Anthon Freddy Susanto, S.H., M.Hum.

Proses Pengajuan borang melaui sistem yang terbaru yakni secara online melalui BAN PT SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online ) telah dilakukan sejak Desember 2017 lalu. Fakultas Hukum merupakan Fakultas pertama di Universitas Proklamasi 45 yang menggunakan sistem tesebut. Dengan sistem online koordinasi pengajuan reakreditasi lebih efektif dan efisien.

Dilakukannya akreditasi, sebuah program studi di suatu Perguruan Tinggi memperolah manfaat antara lain memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar, mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi serta asil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Visitsai Lapangan Prodi Ilmu Hukum sukses terlaksana dengan baik dan lancar (22/05), terima kasih untuk para pihak yang telah mendukung kelancaran proses visitasi ini, baik dari mahasiswa, alumni, dan segenap civitas akademika UP45, semoga mendapatkan hasil terbaik..

Leave a Reply